Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama agar pilkada kota bogor 2013 yang dilaksanakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar pada tingkat elektabilitas ataupun keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, dan masuk tiga sulit di tingkat elektabilitasnya, setelah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat juga penyanyi syahrul gunawan, papar direktur riset smart-pol syahril ilhami selama bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol adalah lembaga survei yang bergerak pada jenis survei, marketing serta politik, pada mana penelitinya sebagian besar adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, ketika memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan bahwa pada rangka menyambut proses demokratisasi dan berlangsung di kota bogor tersebut, maka smart-pol mengerjakan survei pra-pilkada dan dilakukan di 22-27 maret 2013.

ia menunjukan bahwa teknik pengambilan sample membeli probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 orang daripada enam kecamatan dan 20 kelurahan se-kota bogor dan dilakukan terhadap penduduk daripada tingkat pendidikan tak sekolah serta tak tamat sd hingga sarjana.

Lainnya: cincin couple - cincin kawin murah - cincin tunangan murah - cincin pasangan murah

pekerjaan responden mulai daripada petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai juga profesional. sementara status ekonomi diambil dari semua strata, mulai kelas bawah, menengah serta atas.

syahril ilhami mengajarkan bahwa tokoh dan disurvei meliputi 59 nama, dan didapatkan berdasarkan info juga masukan daripada umum, tokoh partai, birokrat, public figur serta sumber Informasi lainnya.

menurut dia, banyak tiga kategori dan dipilih, yaitu popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) dan elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan begini posisi tiga sulit dari 15 nama yang angkanya 1 persen ke atas, maka urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) dan bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, dan dikerucutkan dulu pada posisi 15 besar, kalangan artis menempati posisi teratas.

posisi tiga sulit ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), serta ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) juga ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan kiranya mereka telah siap melayani konsekuensi bahwa survei itu akan ditanggapi beragam, bagus oleh warga maupun bakal calon yang mau tambah besar.

itu risiko suatu survei, oleh karenanya apabila dituduh banyak pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya melalui standar survei yang mampu dipertanggungjawabkan, ujarnya.