25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan kiranya sederat wilayah selama bandung barat mengalami bencana longsor hingga menyebabkan 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mengakibatkan longsor selama tiga kecamatan, kata kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada dalam tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah mengakibatkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian warga baru mengungsi dalam properti kerabatnya yang lebih aman ujarnya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun di perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan sangat sedikit juga kondisi tanah dan tebal dan mempunyai mata air di bagian tengah update batuan keras selama pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air terhadap masyarakat agar risiko bencana dapat diminimalisir, ujarnya.

banyak produk teknologi sederhana supaya mengatasi longsor, kata dia, bagus secara fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.