Gubernur Sulteng pertegas soal Poso ke Konjen AS

gubernur sulawesi tengah longki djanggola menyatakan status keamanan serta akibat konflik dalam kabupaten poso kepada wilayah sulawesi tengah secara keseluruhan selama hadapan konsul konsulat jenderal amerika serikat joaquin monserrate bersama jajarannya di palu, selasa sore.

longki djanggola menyampaikan gangguan keamanan yang kerap terjadi di poso sama pilihan tidak mempengaruhi kondisi keamanan secara keseluruhan selama sulawesi sedang.

poso ya poso. sama sekali poso tidak mempengaruhi kota palu serta daerah lainnya dalam sulawesi sedang, kata longki.

dia mengatakan pihak luar melihat poso sama melalui melihat Satu sulawesi sedang oleh karenanya terbentuk opini seakan-akan gangguan keamanan dalam poso dan pengaruhi keamanan se sulawesi tengah.

poso tersebut Salah satu dibandingkan 11 kabupaten serta kota pada daerah kami, katanya.

Baca Juga: Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda - Mencari Dealer Honda - Mencari Dealer Honda

data statistik papar longki dan menunjukkan tak kehadiran pengaruh gangguan keamanan poso pada pertumbuhan ekonomi di sulawesi tengah yang pada kemarin mencapai 9,27 persen.

pertumbuhan tersebut jauh dalam atas rata-rata nasional dan hanya 6,23 persen.

logikanya bila keamanan dalam poso mempengaruhi sulawesi sedang tentu ekonomi di daerah ini hancur-hancuran, katanya.

longki menyatakan gangguan keamanan dalam poso beberapa masa terjadi hanya karena ketidaksenangan orang tertentu terhadap aparat kepolisian.

sementara itu wakin, panggilan joaquin monserrate menyatakan hingga ketika ini orang asing khususnya kelompok masyarakat investor mengangap poso baru menakutkan.

pendapat investor barat tetap cemas meski ada pengamanan, ujarnya.

wakin menyatakan beberapa masa lalu dirinya telah berkunjung ke poso dan berkesimpulan kiranya orang poso tidak mau dulu ada konflik pada daerah tersebut.

wakin bersama beberapa pejabat pada konsulat jenderal amerika serikat di surabaya melihat sudah kehadiran kemajuan dalam wilayah ini.

dia menyampaikan situasi itu berbeda saat dirinya berkunjung ke sulawesi tengah kurang lebih 10 tahun 2012. kelihatan kota ini lebih berkembang, pembangunan dimana-mana, katanya.

menurut rencana wakin bersama rombongan akan berada di palu sampai kamis (4/4) selanjutnya ingin menuju makassar, sulawesi selatan.