Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) memprioritaskan peningkatan kesadaran konsumen sebelum membeli ataupun mencari pilihan serta jasa dibanding memproses dengan legal komplain pelanggan.

kami tak terlalu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti mau berujung dalam proses pengadilan serta tersebut mau lama ceritanya, tutur wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari konsumen nasional selama jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, berdasarkan dia, lebih mengutamakan situs peningkatan kesadaran konsumen saat mau mengkonsumsi pilihan ataupun penyedia layanan seperti membaca ketentuan atau kesesuaian pilihan dan jasa dengan janji produsen.

krisnamurthi melanjutkan pelanggan indonesia miliki hak supaya menolak pilihan barang serta jasa dan tak sesuai dengan janji-janji beriklan.

Informasi Lainnya:

mereka (konsumen) bersuara, kami ingin fasilitasi dan ingin menyebutkan, perusahaan ataupun merek itu tidak sesuai 2012 dipublikasikan. pelanggan lain adalah sadar juga tidak mencari. itu malahan lebih kuat dari cuma mengadu atau menuntut, tutur dia.

kemendag, lanjut dia, serta melibatkan sejumlah institusi agama, studi, dan organisasi massa supaya memperbaiki kesadaran pelanggan.

ini (kesadaran konsumen) merupakan suatu gerakan pendidikan penduduk. kami baru mengetahui apakah kesadaran ini usah masuk pada kurikulum serta tidak, papar dia.

bayu menambahkan kesadaran konsumen indonesia untuk bekerja sama dengan dan mengikuti keputusan konsumsi melalui cerdas serta turut mendatangkan ketahanan ekonomi daripada perdagangan barang serta jasa impor.