Mahasiswa Petra ciptakan teh antioksidan dari kulit manggis

lima mahasiswa universitas kristen petra (ukp) surabaya menciptakan teh dari kecantikan manggis yang mereka sebut dant tea dengan faedah dijadikan antioksidan dan mampu mencegah kanker, kolesterol, diabetes, serta proses penuaan.

saya semula sebenarnya tidak mempelajari buah manggis. saya sering minum teh dalam restoran pinggir jalan yang umumnya manis juga berpengawet, sebab tersebut banyak jumlah diabetes dalam usia muda, tutur anggota tim mahasiswa ukp, anthomi wibisono limanto, selama kampus setempat, kamis.

ditemui saat mengikuti petra green bazaar supaya memeriahkan open house ukp bertajuk petra parade 2013, ia menceritakan ide supaya mewujudkan minuman dan mengedukasi warga itu akhirnya mampu terwujud ketika banyak lomba dari bank mandiri.

lomba `business plan` tersebut digelar bank mandiri di oktober 2012, 2012 aku mengajak empat rekan supaya mengimplementasikan ide minuman dan mengedukasi warga sampai akhirnya maju menciptakan teh daripada kecantikan manggis, ujarnya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa fe ukp tersebut menjelaskan teh daripada kecantikan manggis terbuat dalam empat rasa, yakni original (murni manggis) serta tiga rasa campuran (manggis dicampur stroberi, anggur, juga buah naga) dengan takaran 1:2 (Salah satu liter rasa campuran melalui dua liter teh manggis).

didampingi empat rekannya yaitu handry s (fe), randy (fe), rendy (fe), dan audrey angelina (fsd/fakultas seni desain), ia menungkapkan dana diaplikasikannya dalam setahun dengan bimbingan dosen ukp tersebut bertujuan agar menjadikan wirausaha muda agar mampu eksis.

kami memilih manggis karena buah itu bersifat antioksidan yang lumayan baik untuk kesehatan. sebab itu kami mencantumkan motto `fresh and fun`. bahkan tiga rasa campurannya dan bersifat antioksidan, katanya.

tentang langkah membuatnya, ia menungkapkan buah manggis diambil kulit pihak selama dan berwarna merah, lalu dikeringkan serta dimasukkan ke di air mendidih dengan suhu ideal 80-100 derajat celsius.

dalam masa 10-15 menit, air mendidih tersebut merupakan teh, lalu didinginkan selama setengah hari, dengan begini teh daripada kulit manggis dan original pun jadi. supaya rasa campuran, buah stoberi, anggur, serta buah naga dipotong dalam perhatian kecil, ujarnya.

untuk anggur, katanya, perlu dibuang biji-nya lebih-lebih lagi tapi kulitnya dibiarkan, kemudian buah naga tanpa kulit, serta stroberi tanpa dipilah-pilah kulit ataupun biji-nya. ketiga buah agar rasa campuran itu dipotong dalam ukuran kecil, kemarin diblender.

takaran manggis serta buah campuran pada persentasi 400 gram tersebut dimasuki air sebanyak 5-10 liter. cara penyajiannya serta mampu panas (tidak gula), standar (dengan gula batu), serta dingin (melalui gula manis), ujarnya.