RI-Bangladesh bicarakan pengungsi Rohingnya

menteri luar negeri ri, marty natalegawa, menggelar pertemuan bilateral melalui menteri luar negeri bangladesh, dipu moni, untuk membahas pengungsi masyarakat etnis rohingnya, myanmar.

kami duduk bersama untuk membahas apa untuk perihal pengungsi rohingnya ini--bekerjasama melalui myanmar--bisa diatasi dengan menarik, tutur marty selama sela-sela pelaksanaan konferensi tingkat menteri regional bali process selama nusa dua, bali, selasa.

kata dia, disamping mendiskusikan hubungan bilateral kedua negara juga kerja sama selama konteks bali process, terkait pengungsi rohingnya dan merupakan salah Satu topik bahasan di pertemuan yang berlangsung kurang lebih 15 menit itu.

bangladesh, berdasarkan perwakilan tetap indonesia di pbb tahun 2007-2009 itu, dinilai untuk penerima paling besar kasus warga muslim dan merupakan korban tragedi kemanusiaan dalam negeri bekas junta militer itu.

Lainnya: Menurunkan Berat Badan - Melangsingkan Perut - Melangsingkan Badan

marty mencatat bahwa telah ratusan ribu masyarakat etnis rohingnya dan sudah mengungsi ke negara dan beribu kota dhaka itu.

sebagai negara paling besar di asia tenggara sekaligus kasus populasi masyarakat muslim terbesar di dunia, bangladesh menginginkan keberadaan pembahasan mendalam melalui indonesia mengenai isu rohingya.

melalui pertemuan bilateral itu, negara yang segera berbatasan melalui pengunungan himalaya itu menginginkan untuk kedua negara bisa menghindari supaya masalah kemanusiaan itu tak kian rumit.

masalahnya apa mampu menghindari supaya masalah itu tak kian rumit, ujar diplomat dibandingkan bandung, jawa barat itu.

belum diketahui berapa kasus pengungsi dan melarikan diri dari rohingya, myanmar, ke indonesia setelah terjadi konflik berkepanjangan yang sampai saat ini dinilai belum kondusif sepenuhnya.

selain berhadapan melalui bangladesh, marty natalegawa serta menggelar pertemuan bilateral dengan delegasi pbb bidang pengungsian atau unhcr dan dipimpin oleh asisten komisioner unhcr, erika feller.

marty menambahkan bahwa badan pbb tersebut mengapresiasi kontribusi indonesia pada bali process juga adalah negara yang berkontribusi terhadap penyelesaian konflik di myanmar.

mereka mengapresiasi atas bagaimana dan sudah kita kontribusikan pada `bali process` termasuk kontribusi kita pada penyelesaian masalah myanmar, papar dia.