Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir dalam kawasan baleendah, dayeuhkolot juga bojongsoang, kabupaten bandung kembali meninggi sehingga membuat ribuan keluarga di bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum terserah meninggi, dari sabtu malam mereka terserah mengungsi. mereka diminta mengungsi supaya tak terjebak dalam rumahnya, kata kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir yang merendam sedikitnya sembilan kelurahan pada tiga kecamatan itu kembali meningkat sabtu kemarin akibat hujan deras selama kawasan bandung raya, khususnya daerah hulu citarum pada dua hari terakhir.

ketinggian air selama lokasi banjir itu bervariasi antara 50 sentimeter sampai hingga dua meter oleh karenanya merendam sampai atap rumah.

Informasi Lainnya:

masing-masing sudah hapal lokasi pengungsian tiap-tiap, oleh karenanya penanganannya ingin lebih gampang. lokasinya di titik-titik yang sudah ditentukan, katanya.

selain merendam pemukiman, banjir juga merendam sederat ruas jalan selama kawasan tersebut semisal jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya dalam spbu jembatan dayeuhkolot tergenang banjir sampai semeter oleh karenanya tidak dapat dilintasi kendaraan.

juga ruas jalan dalam jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya selama palasari, juga terendam makanya jalur tersebut terputus. praktis arus lalu lintas dari baleendah/majalaya menuju ke kota bandung cuma dengan jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak semua pengungsi menempati gor serta sekolah dan telah ditentukan agar info pengungsian. sebagian masyarakat memilih mendirikan tenda-tenda dari terpal dengan membawa alat masak dan alas agar tidur dalam tenda dan didirikan selama website lebih tinggi.

lebih aman pergunakan tenda sendiri, bila ke gor penampungan lokasinya jauh, lebih bagus di sana saja. walaupun harus mengambil air bersih lumayan jauh, kata fatimah, pada tenda daruratnya selama bantaran sungai citarum.

banjir pada kawasan baleendah itu belum menunjukkan ingin surut sebab hujan deras masih berkurang dalam bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya dan cicalengka, juga bandung timur.

curah hujan baru cukup tinggi, sehingga kawasan banjir masih hendak terjadi selama pilihan waktu ke depan, tutur marlan.