Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, mewujudkan rancang bangun sistem pendeteksi jarak sebagai alat pemandu parkir pada kendaraan, agar bisa digunakan oleh semua kendaraan.

menurut taufik, selama bandarlampung, jumat, bila ceroboh pada memarkirkan mobil, dengan demikian bumper kendaraan hendak mengalami lecet.

guna mengurangi kejadian itu, kata dia, amat disarankan supaya mobil telah terpasang sensor parkir dengan indikator-indikatornya yang dapat berupa display tampilan juga bunyi.

taufik membuat rancang bangun sistem pendeteksi jarak sebagai alat pemandu parkir di kendaraan melalui sistem mikrokontroler untuk pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini mengajarkan, lalu sebagai pendeteksi jarak, mencari modul sensor ultrasonic ping buatan parallax yang terdiri daripada tx (transmitter) dan rx (receiver).

sebagai output, dimanfaatkan sebuah lcd (liquid cristal display) untuk mencari jarak, led dan sebuah buzzer agar indikator bunyi.

hasil dan dibeli daripada pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak untuk alat pemandu parkir pada mobil, alat itu bisa digunakan untuk mengukur jarak parkir mobil.

jarak yang terukur ditampilkan ke lcd selama satuan sentimeter beserta statusnya seperti apa apabila jarak yang terukur adalah lebih besar dari 30 sentimeter.

pada lcd, dengan kondisi itu, ingin tertampil status kondisi : tidak berbahaya dan led tidak menyala dan buzeer tidak bunyi dibuat tanda baru dalam jarak tidak berbahaya.

taufik memaparkan, bila jarak dan terukur 29 sentimeter sampai 20 sentimeter, dengan demikian selama lcd mau tertampil status kondisi: awas led kuning mau menyala serta buzzer bunyi namun delay bunyi buzzer lebih lambat, dan apabila jarak dan terukur merupakan 19 sentimeter hingga 0 sentimeter dengan demikian mau tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala juga ditemani bunyi buzzer dengan delay bunyi lebih cepat.

wakil rektor bidang akademik juga riset ibi darmajaya, envermy vem msc, ditemani kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika supaya terus berinovasi serta berkontribusi kepada penduduk.

kami sangat bangga sejumlah mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dan bisa memberikan sumbangsih, tidak cuma bagi kampusnya namun serta kepada lingkungan sekitarnya, katanya.

menurut envermy, dibuat bentuk komitmen ibi darmajaya menciptakan lulusan dan berkompeten pada bidangnya serta berwawasan technopreneurship, kampus biru ini selalu memotivasi mahasiswanya agar menghasilkan karya ilmiah yang mampu memberikan kontribusi terhadap warga.