KPK: belum ada penambahan tersangka hambalang

juru bicara komisi pemberantasan korupsi (kpk) johan budi mengatakan sejauh ini kpk belum akan menetapkan tersangka masih selama jumlah korupsi proyek pusat studi, latihan dan sekolah olahraga nasional (p3son) pada bukit hambalang, bogor, jawa barat.

hingga kini belum banyak penambahan tersangka angka hambalang, kata johan budi di gedung kpk jakarta, jumat sore.

menurut johan, kpk tidak ingin membidik-bidik supaya menentukan tersangka baru, tapi tersangka hendak ditetapkan sampai ada bukti baru dan ditemukan dengan penyidik.

harus ada bukti yang lumayan agar pengembangan angka ini, papar johan.

jumat ini kpk sudah menggarap proses penyidikan melalui memanggil mantan menteri pemuda serta olahraga adhyaksa dault dibuat saksi tenntang persentasi hambalang melalui tersangka andi mallarangeng (am).

usai pemeriksaan, adhyaksa berpendapat bahwa berdasarkan pertanyaan penyidik, dia menarik kesimpulan bahwa kasus hambalang kini makin mengerucut dan menguatkan dakwaan terhadap am.

Yang Lain: Mencari Hotel Murah - Mencari Hotel Murah - Mencari Daftar Hotel - Mencari Hotel Murah

selain am, dua tersangka lain adalah mantan kabiro perencanaan kemenpora deddy kusdinar, selaku pejabat pemangku komitmen ketika proyek hambalang diselenggarakan, serta mantan direktur operasional 1 pt adhi karya (persero), teuku bagus mukhamad noor.

ketiganya disangkakan pasal 2 ayat 1, pasal 3 undang-undang no 31 tahun 1999 mengenai pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah pada uu no 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat ke (1) ke-1 kuhp perihal perbuatan memperkaya diri sendiri, orang lain ataupun korporasi dan mampu berdampak pada keuangan negara; sementara pasal 3 mengenai perbuatan menguntungkan diri sendiri, orang lain serta korporasi, menyalahgunakan kewenangan sebab jabatan ataupun kedudukan yang bisa berdampak pada negara.

pada akhir jabatan adhyaksa sebagai menpora pada 2009, anggaran pembangunan proyek hambalang dibintangi oleh dpr, artinya anggaran masih belum disetujui.

sampai 2009, izin belum keluar-keluar. pada akhir jabatan, kami menitipkan usulan rp125 miliar, juga belum cair sebab belum ada sertifikat. tapi kok tiba-tiba membengkak maka rp2,5 triliun, itu aku tidak mengetahui, papar adhyaksa usai pemeriksaan dalam gedung kpk dalam jumat.

hasil audit investigasi badan pemeriksa keuangan (bpk) menuturkan kiranya mutu kerugian negara akibat angka proyek hambalang itu mencapai rp243,6 miliar.