Tiga miliar orang sedunia dilayani oleh koperasi

sebanyak tiga miliar orang dilayani oleh koperasi dengan angka anggota koperasi dan tersebar di dunia mencapai 800 juta-1 miliar orang, demikian dilontarkan european research institute on cooperative and social enterprises (euricse).

keanggotaan koperasi selama seluruh dunia mencapai 800 sampai 1 miliar pihak dan melayani 3 miliar pihak sedunia, kata perwakilan euricse, gianluca salvatori, dalam acara international workshop on cooperatives in indonesia, selama jakarta, senin.

pihaknya melaporkan saat ini selama berbagai dunia banyak sekitar 53.000 koperasi kredit juga credit union.

sementara pada eropa koperasi pertanian mempunyai pangsa pasar mencapai 60 persen selama keuntungan pemrosesan dan pemasaran koleksi pertanian.

Informasi Lainnya:

pada 2008 selama italia ada hampir 80.000 koperasi melalui 1,5 juta pihak yang berusaha selama dalamnya dan berkontribusi sampai 10 persen dari gdp, ujarnya.

ia mengatakan, peran koperasi kian tampak pada krisis finansial dan ekonomi. koperasi mampu lebih bertahan daripada jenis usaha dan lain.

namun koperasi menghadapi pilihan kendala di antaranya interpretasi yang keliru pada hal koperasi, legislasi dan restriktif, manajemen dan kurang efektif, dan minimnya Informasi.

bagaimanapun koperasi baru dianggap marginal, undercapitalized, dan tidak efisien serta dianggap besar tambah besar, katanya.