Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka pada lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama hendak mengadakan jambore nasional selama mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur di 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama selama lingkungan studi nu, tutur ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika launching jambore nasional bertajuk perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) pada jakarta, sabtu.

hadir dalam acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka bidang organisasi dan kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, dan sederat anggota pramuka di lingkungan studi nu.

menurut arifin, sampai saat ini telah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yakni daripada bali, jawa timur, jawa tengah, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi tengah, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, juga jambi.

Informasi Lainnya:

target kita semua provinsi mampu mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti selain diisi dengan model kepramukaan juga mau diperkaya dengan berbagai kegiatan seperti latihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi serta penyuluhan tentang hiv/aids, dan pentas budaya.

selain tersebut, lanjut dia, dalam acara jambore nanti pihaknya sekaligus hendak meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun berbagai gugus kepramukaan selama lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan studi, cabang, wilayah, dan nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menungkapkan lp ma`arif nu, yang mengurus pendidikan formal daripada tingkat dasar dan menengah dalam lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga dalam antaranya sekolah publik, dengan angka siswa sekitar sembilan juta siswa dan dalam ini turut menyukseskan program-program kepramukaan yang dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan dalam sekolah juga madrasah kami amat massif. malahan untuk wilayah jawa timur, aktifitas perkemahan telah rutin kami laksanakan semua tahun melalui menggandeng perwakilan gugus depan paling pas selama tiap-tiap cabang, ujarnya.

oleh karena tersebut, pihaknya optimistis mampu mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka di lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan selama antaranya merupakan mempunyai kepengurusan wilayah tidak mahal pada lima provinsi, tutur arifin.