Mendikbud: IPA-IPS di SMP lebih terintegrasi

menteri studi dan kebudayaan m. nuh mengatakan pelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) dan ilmu pengetahuan sosial (ips) dalam smp akan lebih terintegrasi selama kurikulum masih.

kalau sekarang ipa selama smp kan baru disusun berlapis, yakni mata pelajaran fisika, kimia, juga biologi. diharapkan ketiga pelajaran tersebut terintegrasi selama pelajaran ipa, ujarnya dalam semarang, sabtu.

hal tersebut diungkapkan mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya itu usai sosialisasi kurikulum 2013 pada universitas negeri semarang (unnes) dan dikuti ratusan guru selama jawa sedang.

demikian pula melalui integrasi pelajaran ips jenjang smp dan dulunya masih terbelah selama beberapa pelajaran, semisal geografi dan sejarah, dijadikan upaya penyederhanaan pelajaran selama sekolah.

Informasi Lainnya:

nantinya, guru-guru biologi selama smp akan mengajar pelajaran ipa, guru fisika juga terlalu, mengajar ipa. itulah pula dengan guru-guru geografi dan sebagainya dan hendak mengajar pelajaran ips, katanya.

nuh mengakui beban pelajaran dan ditanggung siswa di ini memang cukup ada sebagaimana dikritik seluruh kelompok masyarakat oleh karenanya usah penyederhanaan pada mata pelajaran dan diajarkan.

berkaitan melalui penerapan kurikulum masih, pelajaran jenjang sd dan disederhanakan menjadi enam mata pelajaran, termasuk ipa dan ips yang pembelajarannya diintegrasikan melalui mata pelajaran yang lain.

seorang audien sosialiasi yang juga kepala smp negeri 5 semarang suharto mengakui pada ini pembelajaran ipa selama sekolah telah terbagi atas pilihan mata pelajaran, yakni biologi, fisika, dan kimia.

kalau ips, terbelah atas pelajaran geografi, ekonomi, sejarah. sosiologi belum ada. melalui kurikulum masih, diharapkan pembelajaran ipa juga ips tak mau berlapis semisal tersebut, melainkan terintegrasi, ujarnya.

ia mengakui sesungguhnya kurikulum tingkat satuan studi (ktsp) yang berlaku saat ini sudah telah memenage pembelajaran ipa juga ips secara terpadu, mau ternyata keterpaduan itu sifatnya masih tempelan.

jadi pelajarannya ya masih ipa-biologi, ipa-fisika, serta sebagainya. manakala di kurikulum masih nanti ingin terpadu, ipa serta ips. pelajaran ipa berbasis biologi, sementara ips berbasis geografi, papar suharto.